iklan

Halaman

Minggu, 25 Agustus 2024

AKSI NYATA PENERAPAN BUDAYA POSITIF



LATAR BELAKANG

Penerapan budaya positf di sekolah merupakan salah satu upaya peningkatan kualitas pendidikan nasional. Penerapan budaya positif ini tidak bisa dilakukan tanpa dukungan dari semua elemen yang ada di sekolah. Dengan penerapan budaya positif ini diharapkan dapat mewujudkan visi sekolahdan membentuk karakter murid dalam mengimplementasikan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila.

TUJUAN

Mewujudkan budayapositif dengan kesepakatan kelas. Mengembangkan nilai-nilai profil pelajar pancasila pada diri murid dalam kegiatan pembelajaran. Melakukan kegiatan pembiasaan murid untuk mengimplementasikan nilai-nilai profil pelajar Pancasila.

TOLOK UKUR

Murid mampu membuat kesepakatan kelas untuk dipasang dinding kelas dan ditaati. Peserta dapat mengaplikasikan nilai-nilai profil pelajarPancasila secara sadar dan berkesinambungan dalam proses belajar. Murid terlibat aktifdalam kegiatan sekolahdengan secara sadar mengamalkan nilai-nilai profilpelajar Pancasila sehingga tercipta pembelajaran yang berpihak pada murid.

LINIMASA TINDAKAN YANG DILAKUKAN

  • Menghadap atasan untuk koordinasi terkait pentingnya penanaman disiplin positif di sekolah sekaligus mengundang untuk menghadiri kegiatan desiminasi.
  • Mengundang seluruh rekan guru untuk menghadiri kegiatan desiminasi terkait pemahaman materi budaya positif.
  • Berkolaborasi dengan wali kelas untuk membuat keyakinan kelas di kelasnya masing-masing.
  • Merefleksi dan mengevaluasi keyakinan kelas yang telah dibuat bersama.

DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN

  • Dukungan dari seluruh warga sekolah serta partisipasi aktif rekan guru dalam membiasakan budaya positif.
  • Dedikasi seluruh warga sekolah sebagai role model/ teladan bagi peserta didik dalam menanamkan budaya positif di sekolah .
  • Alat dan Bahan : Kertas Plano, Kertas HVS, double tape, lakban, spidol, stiky Note, LCD Proyektor, Kamera, Pointer, Clip on

DAFTAR HADIR

Diseminasi Budaya Positif ini dihadiri oleh Koordinator Wilayah Pendidikan Kecamatan Mlandingan dan diikuti oleh 13 peserta 


NOTULEN RAPAT





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Safelink