iklan

Halaman

Selasa, 18 Oktober 2011

Android dan iOS Bersaing, BlackBerry Cukup Jadi Penonton

Android dan iOS Bersaing, BlackBerry Cukup Jadi Penonton
Apple yang baru saja rilis iPhone 4S telah mendapatkan respon begitu besar dengan 1 juta pre-order iPhone 4S dalam 24 jam pertama setelah diluncurkan. Meski bukan smartphone yang diharapkan (iPhone 5) namun iPhone 4S telah mejadi smartphone tercanggih yang dimiliki Apple saat ini dan diperkirakan sebagai iPhone terlaris sepanjang sejarah Apple.

Selama tahun lalu pangsa pasar iOS mengalami stagnasi di bawah 10%. Namun hal itu berbah tahun ini karena Apple mengalami peningkatkatan dari 26% pada April menjadi 27% pada bulan Juli 2011. Demikian yang dilaporkan lembaga riset comScore yang dirilis pada Agustus lalu.

Banyak faktor yang menentukan bagaimana Android bisa berkembang pesat dalam waktu singkat. Salah satunya adalah dukungan banyak smartphone dari produsen berbeda sehingga memiliki lingkup yang lebih luas untuk penetrasi pasar. Penguasaan pasar Android meningkat dari 36,4% pada bulan April menjadi 41,8% di Juli 2011. Hal itu menunjukkan bahwa pertumbuhan Android memang sangat cepat demikian juga ekspansinya di pasar mobile Amerika.

Sebaliknya, penguasaan pasar BlackBerry terus menurun dari 25% menjadi 21% pada periode April dan Juli 2011. Mendekati akhir 2011 angka tersebut semakin menipis dan sulit sekali untuk bertahan apalagi meningkat.

iOS 5 yang akan rilis beberapa minggu lagi diperkirakan belum mampu menggeser Android dalam waktu dekat. Untuk bisa menggantikan posisi Android di tempat teratas penguasa mobile platform pengamat sepakat Apple perlu menjual lebih banyak iDevices atau dengan meningkatkan kompatibilitas ruang lingkup iOS.

Saat ini pemasaran iOS terbatas pada iPhone dan iPad saja sementara iPod model lama justru menjadi penghambat pemasaran produk Apple. Untuk bisa meningkatkan jangkauan iOS, Apple harus memilih menghentikan produksi iPod klasik dan fokus pada iPod Touch yang menjalankan iOS 5 sehingga mampu mendongkrak penguasaan pasar iOS dan semakin mudah menggeser Android.

Jika semua itu belum cukup membuat Apple menggeser posisi Android setidaknya akan berpengaruh pada langsung pada RIM yang baru saja rilis sejumlah smartphone BlackBerry baru sangat berambisi untuk memperbaiki penghasilan per kuartal mereka yang sangat buruk pada kuartal kedua 2011 kemarin.

BlackBerry pernah sangat populer di pasar smartphone Amerika dan memiliki lebih banyak ragam dan jangkauan dibanding Windows Phone. Tapi kini saat BlackBerry muncul dengan banyak smartphone baru tampaknya Microsoft tidak ingin bersaing dulu. Microsoft sepertinya banyak belajar dari kegagalannya sepanjang 2011 dan ingin kerjasamanya dengan Nokia dalam proyek smartphone Nokia WP7 bisa menciptakan penguasaan pasar seperti produk-produk Nokia yang pernah berjaya sebelum tergeser oleh Android.

Kini saat RIM benar-benar berada di posisi yang sangat sulit, Android dan iOS diperkirakan semakin tidak terbendung dalam posisi masing-masing di pasar smartphone dunia. Microsoft, RIM dan Nokia akan semakin tertinggal dan menjadi saksi pertempuran dua penguasa mobile platform Apple dan Google; baik dalam pasar ponsel dunia maupun dalam perseteruan memperebutkan hak paten di pengadilan.

*Artikel ini ditulis oleh Zack Whittaker, pengamat gadget dari situs Zdnet.

Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Safelink