iklan

Halaman

Rabu, 12 Oktober 2011

Tips Menghemat Batre Android

Android memang terkenal dengan daya tahan batre yang kurang baik,karena sifat sistem operasinya sendiri yg slalu terhubung ke internet sehingga setiap saat (real time) bisa menampilkan update status teman, email yg masuk, dll.Dalam sistem operasi tersebut banyak aplikasi yg berjalan tanpa disadari, bahkan Android kelas atas menggunakan game 3D beresolusi tinggi juga menjagi penyebab baterai boros.untuk mensiasati hal tersebut ada beberapa tips yang layak dicoba untuk menhemat batre android tersebut.

1. Fitur Battery Usage Screen
Caranya tinggal masuk ke Setting - About Phone - Battery Use.hasilnya seperti gambar dibawah ini :

2. Atur intensitas cahaya layar secukupnya
Layar ponsel yang sering menyala dan intensitas yang terang pasti bisa menguras baterai. Jadi atur saja lampu layar menjadi agak gelap, Caranya dengan masuk ke Setting - Display - Brightness.

3.Apakah wifi masih aktif?
Wi-Fi nya yg sering dinyalakan akan dapat menguras baterai. Jadi nyalakanlah jika diperlukan saja, soalnya gadget android akan terus mencari jaringan hotspot tersedia di sekitar kita kalau dinyalakan.
kalau kita sedang menggunakan WiFi dan layanan internet unlimited sekaligus, maka atur WiFi always On. Dengan begini kalau layar mati, WiFi tidak akan mati. Tau kan kalau WiFi mengkonsumsi baterai lebih sedikit jika dibandingkan koneksi 2G/3G.
Caranya masuk ke Settings - Wireless & networks - Wifi Settings - Tekan tombol menu - Klik advanced - Atur Wifi sleep policy ke never.

4.Apakah Bluetoothnya udah mati?
bloetooth yg selalu aktif juga akan mempercepat daya tahan batre,untuk mematikannya caranya dengan masuk ke Settings - Wireless & networks - Bluetooth.

5.Gunakan Power Widget (untuk mematikan GPS, Bluetooth, Wireless, dan Cahaya layar)
Android punya widget yang berguna namanya Power Widget, fungsinya untuk mematikan atau menghidupkan fitur-fitur tersebut. Caranya juga mudah cukup tahan lama di bagian kosong Homescreen - Widget - Power Control.

6.Matikan Live Walpaper
Live walpaper memang terkenal untuk membuat tampilan home screen android kita menjadi hidup dan bagus,tapi live walpaper juga bisa mempercepat daya tahan batre menjadi menurun.

7.Pakai aplikasi Task killer
kadang banyak aplikasi yang aktif dilatar belakang yang tidak berguna untuk dipakai,dan dengan banyaknya aplikasi yang terpakai maka akan mempercepat habisnya daya tahan batre, aplikasi task killer ini juga bisa berfungsi untuk melegakan kapasitas RAM (bukan penyimpanan memory internal/external loh) sehingga kinerja juga bisa menjadi cepat.caranya adalah install apliaksi tersebut dan nanti akan ada tanda aktifnya di notificatons androidmu,lalu buka dan centang aplikasi yang mau dimatikan,contoh pesan,kontak,dll dan tekan tombol end task.

8.Matikan vibrate.
karena setiap getaran dari tekanan yang kita berikan pada layar android membutuhkan daya listrik maka dengan mematikan getar pada setiap kita menekan layar tersebut juga akan menambah daya tahan batre. Caranya, menu Setting > Sound & Display Settings > Phone vibrate, hilangkan tanda centangnya.

9.Matikan Wi-Fi
matikan wifi yang sedang tidak digunakan,caranya lewat menu Setting > Wireless & Networks & Network Setting, hilangkan centang dimeu Wi-Fi.

10.Updatelah Firmware ke versi terbaru yang sudah stabil
jika perlu updatelah versi firmwarenya keversi terbaru.

11.Gunakan aplikasi Apn manager
jika masih kurang maka gunakan aplikasi Apn manager/Apn on/off,ini berguna untuk mematikan jalur data internet,jika jalur data tersebut tidak aktif maka otomatis android kita akan menjadi hemat dan selain itu juga berguna untuk mengehemat pulsa bagi yang memakai pulsa unlimitied.

12.Pakai aplikasi juice defender
Dan aplikasi ini juga lumayan ampuh untuk mengurangi pemborosan pada android. selamat mencoba

sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Safelink