iklan

Halaman

Sabtu, 04 Mei 2013

UKG Dilaksanakan Mulai 27 Mei Sampai 8 Juni 2013

Uji kompetensi guru (UKG) oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dijadwalkan mulai tanggal 27 Mei sampai dengan 8 Juni 2013. Untuk jadwal di Kabupaten/Kota akan diumumkan resmi melalui Dinas Pendidikan setempat.
 
UKG 2013 bertujuan sebagai pemetaan kompetensi guru yang di antaranya kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Adapun untuk bisa ikut sertifikasi, sebagaimana aturan yang ada, dengan mempertimbangkan usia dan golongan masa kerja. Jadi tidak semua guru yang lulus UKG nanti akan otomatis menjadi peserta Pendidikan dan Pelatihan Profesi Guru (PLPG).

Peserta sertifikasi tahun 2013, selain peserta yang lulus UKG 2013, yang juga diprioritaskan adalah guru yang tidak lulus pada UKA 2012, tetapi sudah mengikuti pelatihan, juga guru yang tidak lulus dalam PLPG tahun 2011.

UKG tahun ini yang wacananya menggunakan dua sistem, yaitu sistem online dan sistem manual. Sistem online dilaksanakan pada daerah yang tersedia jaringan internet dan memiliki laboratorium komputer yang memiliki akses intranet. UGK dilaksanakan di Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang didampingi oleh operator dan pengawas ujian.
Sedang sistem manual dilaksanakan pada daerah yang tidak terjangkau jaringan internet dan tidak memiliki laboratorium komputer. 
 
Soal UKG 2013 sendiri terdiri dari 100 soal dengan komposisi soal 30% kompetensi pedagogik dan 70% kompetensi profesional, dengan waktu yang disediakan untuk mengerjakan soal selama 120 menit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Safelink